PEMBAHASAN SOAL-SOAL MATERI DRAMA KELAS 8A DAN 8B (KAMIS, 2 APRIL 2020)
PEMBAHASAN SOAL-SOAL
PENDALAMAN MATERI DRAMA
(KELAS 8A DAN 8B)
Para siswa, kegiatan pada
pertemuan kali ini adalah pembahasan soal-soal pendalaman materi drama yang
telah kalian kerjakan lewat geschool. Tentunya kalian ingin mengetahui jawaban
betul pada soal-soal tersebut. Untuk itu, silakan baca, pelajari, temukan, dan
catat di buku tulis hal-hal yang penting pada pembahasan soal berikut!
SOAL KEBAHASAAN TEKS DRAMA
Hanafi : “Ada berita duka, nih.”
Yusrina : “Tentang?”
Hanafi : “(….) Pak Asnawi masuk rumah sakit
lagi.”
Igun :
“Lalu…”
Yusrina : “Bilang saja ulangan fisika batal.
Begitu kan?”
Hanafi : “Ya, tentu saja ulangan fisika
batal.”
Yusrina : “ Hore! (….) selamat. Kebetulan sekali,
saya belum siap.
1.
Kalimat
yang dominan digunakan kutipan teks pidato tersebut adalah ….
a a. Kalimat langsung
b. Kalimat
seru
c c. Kalimat
perintah
d. Kalimat
tanya
Pembahasan: dialog pada naskah drama menggunakan kalimat langsung
yang ciri-cirinya menggunakan tanda petik.
Hanafi : “Ada berita duka, nih.”
Yusrina : “Tentang?”
Hanafi : “(….) Pak Asnawi masuk rumah sakit
lagi.”
Igun : “Lalu…”
Yusrina : “Bilang saja ulangan fisika batal.
Begitu kan?”
Hanafi : “Ya, tentu saja ulangan fisika
batal.”
Yusrina : “ Hore! (….) selamat. Kebetulan sekali,
saya belum siap.
2.
Kata
ganti yang digunakan pada kutipan teks pidato tersebut adalah ….
a.
Orang
ketiga
b.
Orang
kedua
c.
Orang
pertama jamak
d.
Orang pertama tunggal
Pembahasan: pada kalimat percakapan terakhir ada kata ganti orang
pertama tunggal “saya”
Putri
|
:
|
“Kau
jangan besikap tidak sopan kepada orang tua!”
|
Reno
|
:
|
“Biarin
aja, toh mereka tidak peduli!”
|
Putri
|
:
|
“Bukannya
tidak peduli, tapi mereka sibuk mencari uang buat kita anak-anaknya.”
|
Reno
|
:
|
“Itu hanya alasan saja!”
|
Putri
|
:
|
“Reno, Itu bukan alasan! Tolong dengarkan jika
dinasihati! Orang tua kita memang sibuk bekerja untuk kita!”
|
3.
Kalimat
yang mendominasi teks drama tersebut adalah ….
a. Kalimat tanya
b. Kalimat seru
c. Kalimat perintah
d. Kalimat berita
Pembahasan: pada kutipan drama tersebut terdapat banyak kalimat bertanda baca seru
(!)
Putri
|
:
|
“Kau
jangan bersikap tidak sopan kepada
orang tua!” (1)
|
Reno
|
:
|
“Biarin
aja, toh mereka tidak peduli!” (2)
|
Putri
|
:
|
“Bukannya
tidak peduli, tapi mereka sibuk
mencari uang buat kita anak-anaknya.” (3)
|
Reno
|
:
|
“Itu hanya alasan
saja!” (4)
|
Putri
|
:
|
“Reno, Itu bukan alasan! Tolong dengarkan jika
dinasihati! Orang tua kita memang sibuk bekerja untuk kita!”
|
4.
Kata
sifat yang terdapat pada kutipan teks drama tersebut tampak pada kalimat ke …
a a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4
Pembahasan: kata sifat adalah kata yang dipakai untuk menjelaskan
sifat atau kondisi suatu hal atau benda. Biasanya untuk membuktikan suatu kata
disebut kata sifat dengan se+kata ulang
+nya. (sesopan-sopannya)
5.
Kalimat
tanya retoris terdapat pada kalimat ….
A.
Kamu
mau kan bekerja di kebun saya?
B.
Siapa sih yang berharap usahanya merugi?
C.
Jadi,
betul Bapak bekerja di sini?
D.
Memangnya
rumah Ibu dimana?
Pembahasan: Kata tanya retoris adalah kata tanya yang tidak
membutuhkan jawaban.
Kebo Ijo : “Hai, kau! Siapa namamu?” (1)
Ken Arok : “Ken Arok, apa yang kau
cari di sini?” (dengan suara penasaran) (2)
Kebo Ijo : “Aku
Kebo Ijo, panglima perang Kerajaan Kediri! Aku ingin kau perang membela kerajaan!” (3)
Ken Arok : “Baiklah, tapi biarkan aku bertanya
kepada istriku dulu!” (4)
Kebo Ijo : “Baiklah,
setelah kau mendapat izin dari istrimu, segeralah ke istana karena kami sangat membutuhkan pasukan yang
banyak!” (5)
|
6.
Konjungsi
temporal pada kutipan drama tersebut ditunjukkan dialog nomor ....
A. (5)
B. (4)
C. (3)
D. (2)
Pembahasan: konjungsi temporal adalah kata hubung urutan waktu
(setelah)
Kebo Ijo : “Hai, kau! Siapa namamu?” (1)
Ken Arok : “Ken Arok, apa yang kau cari di sini?” (dengan suara penasaran) (2)
Kebo Ijo : “Aku
Kebo Ijo, panglima perang Kerajaan Kediri! Aku ingin kau peran membela kerajaan!” (3)
Ken Arok : “Baiklah, tapi biarkan
aku bertanya kepada istriku dulu!” (4)
Kebo Ijo : “Baiklah,
setelah kau mendapat izin dari istrimu, segeralah ke istana karena kami sangat
membutuhkan pasukan yang banyak!” (5)
7.
Penggunaan
kata sifat pada kutipan drama tersebut ditunjukkan dialog
nomor ....
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
Pembahasan: kata sifat yang ditemukan “banyak” (sebanyak-banyaknya)
8.
Kalimat
drama yang menggunakan kata kerja aktif (subjeknya melakukan aktivitas) adalah
….
a.
Ayolah, hentikan
tangis kalian.
b.
Kita memang
wanita sejati.
c.
Hal
ini mengancam kelangsungan persahabatan kita.
d.
Ini akan
kuanggap sebagai penghinaan
Pembahasan: kata kerja aktif adalah kata kerja aktif yang memerlukan objek, biasanya berawalan me-
Dista
|
:
|
“Benar ya, Bu,
liburan akhir tahun ini , sekolah kita mengadakan piknik ke Bali?”
|
Ibu Guru
|
:
|
“Benar, Kenapa
kamu tanyanya seperti tidak percaya begitu, Dista?”
|
Dista
|
:
|
“ Supaya yakin
saja, Bu. Ke Bali, kan, Bu?”
|
Ibu Guru
|
:
|
“Belum dipastikan
kalau masalah itu, Dista, karena masih akan dirapatkan lagi dengan orang tua
wali murid dan komite sekolah.”
|
Dista
|
:
|
“ Pokoknya
harus ke sana, ya, Bu? Di Bali itu pemandangannya bagus. Objek wisata
lain tidak ada yang bagus.”
|
Ibu Guru
|
:
|
“Ya, kita
musyawarahkan dahulu, Dista.”
|
Dista
|
:
|
“Kok begitu, Bu Guru?” (3)
|
9.
Jenis
kalimat tanya yang mendominasi teks drama tersebut adalah …
a. Retoris
b. Kalimat tanya yang memerlukan jawaban ya dan tidak
c. Kalimat
tanya dengan tujuan memerintah
d. Kalimat
tanya dengan tujuan mengajak
Pembahasan: sudah jelas
(Di dalam kelas
saat istirahat kedua)
Hamzah : “Hai,
kalau makan kuaci kulitnya jangan ditaruh sembarangan begini… kotor kan?” (1)
Yuda : “ Bukan
aku yang makan! Tuh.. si Puput sama
Andre!” (2)
Nia : Yud,
tapi tadi aku lihat juga kau makan kuaci pas pelajaran Pkn.. ayo ngaku!” (sambil tersenyum mengejek) (3)
Yuda : “Iya, tapi
dikit kok… nggak kaya si Puput!”
Nia :
“Dikit-dikit tapi lama-lama juga menjadi bukit. Kalau sampahnya dibuang di laci
meja!”
Hamzah :
“Sudahlah… besok jangan seperti ini lagi! Ayo kita bersihkan bersama!” (4)
10. Penggunaan kata sifat terdapat pada kalimat nomor..
a. 1
b. 2
c c. 3
d d. 4
Pembahasan: kalimat nomor 1 “kotor” termasuk kata sifat.
SOAL
MENULIS TEKS DRAMA
Deni :
Rasanya kok gerah banget, ya?
1. Petunjuk lakuan yang
tidak dapat digunakan
untuk dialog tersebut adalah ….
a. Mengibaskan rambut
b. Membuka jendela
c. Mencari kipas angin
d. Mengipas- ngipaskan kertas
Pembahasan: petunjuk lakuan berisi penjelasan kepada pembaca
mengenai keadaan, suasana, peristiwa, dan perbuatan tokoh.
Waktu sudah menunjukkan pukul dua belas siang. Hujan mulai berhenti.
Tuti heran, kenapa orang tuanya belum kembali. Padahal, ia dan teman-temannya
sudah mulai lapar. Akhirnya, ia mengusulkan untuk masak bersama.
2. Naskah drama yang sesuai dengan teks tersebut adalah
….
a. Tuti :
Sudah pukul 12. Mengapa ayah belum pulang ya?
Roni : Aduh, perutku sakit, ya!
Tuti : Maaf, ayah ibuku belum pulang.
Roni : Ya, sudah, aku pamit pulang, ya!
b.
Tuti : Sudah pukul 12 siang.
Roni : Iya, ayah ibumu belum kembali.
Tuti : Pasti kalian lapar, ya? Bagaimana
kalau kita masak bersama?
Roni : Oke, deh!
c. Tuti :
Aduh, perutku lapar banget.
Roni : Ayah ibumu belum pulang.
Tuti : Iya, Ayo kita cari mereka di warung Pak Amat.
Roni : Jauh tidak, warungnya?
d. Tuti :
Aduh, hujan kok tidak berhenti, ya? Perutku lapar.
Roni : Ayah ibumu belum pulang, ya.
Tuti : Iya, kita masak sendiri aja, yuk!
Roni : Sip. Bareng-bareng, ya,, masaknya!
Pembahasan: sudah jelas
Roni : Kita gotong royong saja. Aku bisa buat sup sayur.
Anto : Aku bisa menggoreng tempe.
Tuti : ….
Roni : Oh, iya. Sambal buatan Ashab kan enak banget.
Ashab : OK, aku akan membantu kalian
3. Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama
tersebut adalah ….
a. Aku bisa membuat perkedel jagung
b. Bagaimana kalau Roni memasak nasi?
c.
Ashab membuat sambal, ya.
d. Tugas Ashab membuat sayur sup
Pembahasan: untuk melengkapi dialog perhatikan pertanyaan dan
jawaban dari tokoh.
Yani : Ayah,
sepertinya besok aku tidak masuk.
Ayah : kenapa?
Yani : ….. (1)
Ayah : Coba sini, ayah pegang. Oh, berapa derajat
ini suhu tubuhmu? (2)
Yani : Entahlah.
Ayah : ….. (3)
Yani : Perutku terasa mual dan juga pusing.
4. Kalimat yang tepat untuk melengkapi nomor 1 adalah ….
a.
Gak tau ni yah, kayaknya meriang.
b. Badanku terasa pusing.
c. Sepertinya aku terkena demam
d. Badanku menghangat, yah.
Pembahasan: perhatikan jawaban dari tokoh.
Yani : Ayah,
sepertinya besok aku tidak masuk.
Ayah : kenapa?
Yani : ….. (1)
Ayah : Coba sini, ayah pegang. Oh, berapa derajat
ini suhu tubuhmu? (2)
Yani : Entahlah.
Ayah : ….. (3)
Yani : Perutku terasa mual dan juga pusing.
5.
Kalimat
yang tepat untuk mengisi kalimat nomor 3 adalah ….
a. Panaskah tubuhmu?
b.
Apalagi yang kau rasakan?
c. Ada lagi?
d. Pasti kau merasa pusing.
Pembahasan: sudah jelas, perhatikan jawaban tokoh Yani
Yani : Ayah,
sepertinya besok aku tidak masuk.
Ayah : kenapa?
Yani : ….. (1)
Ayah : Coba sini, ayah pegang. Oh, berapa derajat
ini suhu tubuhmu? (2)
Yani : Entahlah.
Ayah : ….. (3)
Yani : Perutku terasa mual dan juga pusing.
6.
Petunjuk
lakuan yang tepat untuk mengisi nomor 2 adalah ….
a.
Memegang dahi Yani
b. Mengambil termometer
c. Mengompres kepala Yani
d. Menyeka rambut Yani
Pembahasan: sudah jelas.
|
7.
Petunjuk lakuan pada kutipan drama tersebut
adalah ....
A. (tertawa lepas)
B. (sambil memegang gelas)
C. (menyerahkan
uang ke Nabilla)
D. (merintih kesakitan sambil berteriak)
Pembahasan: petunjuk lakuan
tokoh Ananda menyuruh nabil membeli air putih adalah menyerahkan uang ke
Nabila)
Ayu
dan Siska adalah dua orang sahabat. Ke mana pun
mereka selalu berdua. Suatu hari mereka berjalan-jalan
sampai lupa waktu hingga tak terasa sampai pukul sembilan malam. Megetahui hal itu,
Ayu sudah mulai gelisah dan mengajak Siska untuk segera pulang karena
Ayu merasa perempuan tidak sepantasnya pulang malam-malam dan juga
merasa tidak enak dengan tetangga.
Berbeda dengan ayu yang sudah gelisah, Siska tetap tenang-tenang saja.
|
8.
Naskah drama yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Ayu
|
:
|
“Sudah
malam lho,
Sis, kita harus cepat pulang!”
|
Siska
|
:
|
“Sudahlah,
Yu, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan masih ramai.”
|
Ayu
|
:
|
“Ih,
sudah malam begini kok tenang. Kita perempuan, masak pulang sampai larut
malam. Tidak enak kan dengan tetangga.”
|
Siska
|
:
|
“Sudah,
tenang saja tidak usah didengarkan omonga tetanggga!”
|
B.
Ayu
|
:
|
“Sudah
malam lho,
Sis, kita harus cepat pulang!”
|
Siska
|
:
|
“Sudahlah,
Yu, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan masih ramai.”
|
Ayu
|
:
|
“Ih,
sudah malam begini kok tenang. Kita perempuan, masak pulang sampai larut
malam. Tidak enak kan dengan tetangga.”
|
Siska
|
:
|
“Iya
benar kamu,
Yu, Ayo kita cepat pulang!” (dengan
sikap gelisah)
|
C.
Ayu
|
:
|
“Sudah malam lho, Sis, kita harus cepat pulang!”
|
Siska
|
:
|
“Sudahlah, Yu, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan
masih ramai.”
|
Ayu
|
:
|
“Ih, sudah malam begini kok
tenang. Kita perempuan, masak pulang sampai larut malam. Tidak enak kan
dengan tetangga.”
|
Siska
|
:
|
“Sudah, nanti saya antar kamu.” (dengan sikap tenang)
|
D.
Siska
|
:
|
“Sudah
malam lho,
Yu, kita harus cepat pulang!”
|
Ayu
|
:
|
“Sudahlah,
Sis, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan masih
ramai.”
|
Siska
|
:
|
“Ih,
sudah malam begini kok tenang. Kita perempuan, masak pulang sampai larut
malam. Tidak enak kan dengan tetangga.”
|
Ayu
|
:
|
“Sudah,
nanti saya antar kamu.” (dengan
sikap tenang)
|
Pembahasan: sudah jelas
Ana : Rin, saya
dengar kamu mendapat penghargaan dari kepala sekolah karena kamu menang dalam
lomba catur. (mendekati Rina yang duduk di sudut perpustakaan sambil membaca
buku)
Rina :
(menghentikan kegiatan membacanya). Iya, itu karena kebetulan saja.
Ana : Selamat atas
keberhasilanmu. (……………)
Rina : Terimakasih Ana, kamu
memang sahabatku yang baik.
9. Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi teks drama
tersebut adalah….
a. Tersenyum
kepada Rina
b. Menepuk pundak Rina
c. Menjabat tangan Rina
d. Mendekati Rina dan tersenyum
Pembahasan: sudah jelas
Sarmidi :
“Kamu sudah membuat tugas bahasa Indonesia?”
Sardi : [….]
Sarmidi : “Wah, ternyata ada yang lebih malas
dari aku.”
Sardi : “Aku lupa sih …”
Sarmidi : [….]
Sardi : “Soal …. Uang jajan aku nggak
pernah lupa tuh.”
Sarmidi : “Dasar pemalas… jajan aja yang ndak
pernah lupa.”
10. Pernyataan
yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ….
a. 1) Belum
2) Nanti-nanti
sajalah
b. 1) Memang
ada tugas?
2) Apa
sih yang tidak kamu lupakan?
c. 1) Memang ada
tugas?
2) Lupa tiap hari
d. 1) Sudah selesai
2) Hebat dong kamu!
Pembahasan:
sudah jelas, untuk melengkapi dialog perhatikan jawaban atau pertanyaan tokoh.
Komentar
Posting Komentar