MENULIS DAN BERKIRIM SURAT, MATERI UNTUK KLS 7C DAN 7D ( Selasa, 31-3-2020)
MENULIS DAN MENGIRIM
SURAT (PEMBELAJARAN HARI SELASA, 31 MARET 2020)
Pengertian Surat
Surat merupakan sarana
bagi suatu pihak untuk berkomunikasi maupun memberitakan suatu informasi
tertulis ke pihak yang lain. Lazimnya, sebuah surat tak hanya berisi pesan
namun juga dilengkapi dengan data pendukung lain seperti tempat, waktu, bahkan
tanda tangan.
Menurut S. Hidajat,
surat adalah kertas yang digunakan seseorang untuk menulis berita, pernyataan,
atau informasi apapun yang hendak diajukan kepada pihak lain.
Sedangkan menurut
Prajudi Atmosudirjo, surat adalah alat komunikasi yang ditulis oleh seseorang
atas nama pribadi atau instansi untuk alamat tertentu.
Sejarah Surat
Jauh sebelum banyak agen
pengiriman surat berdiri seperti saat ini, masyarakat menggunakan berbagai cara
yang unik untuk berkirim surat. Ada yang memasukkan kertas surat ke dalam botol
lalu melarungnya ke laut, dan ada juga yang memanfaatkan binatang seperti
burung merpati.
Meski keberhasilan
cara-cara tradisional ini masih dipertanyakan, faktanya praktik pertukaran
surat telah dimulai sekitar tahun 2000 SM di Mesir. Di era itu, surat digunakan
untuk bertukar budaya dengan masyarakat Babilonia. Tren ini menjadi tonggak
sejarah di dunia dalam perkembangan berkirim surat.
Di Indonesia sendiri,
meski surat telah ada pada era Kerajaan Tarumanegara dan Majapahit, namun
kebutuhan untuk berkirim surat meningkat pesat pada zaman penjajahan Belanda.
Metode pengiriman surat
pada awalnya adalah memanfaatkan utusan kerajaan dan mengantarnya langsung ke
alamat tujuan.
Kantor pos resmi pertama
yang ada di Indonesia akhirnya berdiri pada tanggal 26 Agustus 1746. Tujuan
utamanya adalah agar surat yang hendak dikirim terutama ke luar Pulau Jawa
dapat terakomodasi dengan baik dan keamanannya pun terjamin.
Fungsi Surat
Menulis surat tentu
bukan aktivitas tanpa makna. Fungsinya pun terkadang dapat berbeda antara satu
dengan surat lainnya mengingat jenis surat ada banyak. Namun secara umum, ada
beberapa fungsi utama surat yang perlu Anda ketahui:
Fungsi utama dari surat
yang mewakili kepentingan instansi adalah
- menyampaikan permohonan, pemberitahuan, permintaan, laporan, pernyataan, perintah, dll.
- . Selain itu, surat juga dapat dijadikan alat bukti tertulis yang sah, bahkan memiliki kekuatan hukum ketika terdapat tanda tangan dan materai.
3.
Untuk menyosialisasikan
pedoman kerja dari atasan ke bawahan. Isinya kurang lebih adalah metode untuk
melakukan suatu pekerjaan, hal-hal yang perlu diberi perhatian khusus, serta
catatan untuk setiap departemen.
Sedangkan untuk konteks
pribadi, surat lebih banyak berfungsi untuk
- bertukar pesan, menyampaikan informasi, dan mencatat dokumentasi kepada penerima.
- Beberapa orang yang sering merasa sulit mengingat detail suatu hal penting, baik itu yang berhubungan dengan kenangan, kegiatan penting, maupun pekerjaan, kerap memanfaatkan surat. Tulis apa saja yang dianggap penting dan kapanpun ingin mengingatnya, tulisan itu pun dapat dibaca berulang-ulang.
Jenis Jenis Surat
Berdasarkan
penggunaannya, surat dibagi menjadi dua jenis:
1. Surat Pribadi
Surat pribadi adalah
surat yang pemanfaatannya adalah untuk kepentingan individu tanpa mewakili
entitas lainnya seperti perusahaan atau organisasi. Umumnya, surat pribadi
berbentuk korespondensi antar keluarga dan teman.
Ciri yang paling mudah
diamati dari surat pribadi adalah
- . tidak menggunakan kop surat dan tak perlu dibubuhi nomor surat pula.
- . Salam pembuka dan penutup dapat sangat beragam, namun hampir semua yang dipilih bukanlah bentuk salam yang formal.
- . Karena ditulis hanya sebagai sarana berkorespondensi, maka tidak ada aturan baku yang mengatur bahasa yang digunakan dan format yang diterapkan. Umumnya, hal ini tergantung dari seberapa dekat pengirim dan penerima.Apabila kedua belah pihak relatif berada di kisaran umur yang sama, telah akrab sejak lama, serta tak ada sekat pembatas, maka gaya bahasa dan format yang dipakai santai. Namun akan berbeda apabila surat pribadi ditujukan ke orang tua atau keluarga lain yang dihormati.
2. Surat resmi
Surat resmi digunakan
dalam ranah kepentingan resmi. Pihak yang terlibat dapat bervariasi namun
lazimnya meliputi instansi, organisasi, namun tak menutup kemungkinan juga
sasarannya adalah individu.
Contoh penggunaan surat
resmi adalah surat edaran, undangan, pemberitahuan, pengunduran diri, atau
melamar kerja.
Ketika diperhatikan
bentuk dan cara penulisannya, ada banyak ciri mencolok yang membedakannya
dengan surat pribadi.
- Surat resmi biasanya dilengkapi dengan kop, nomor, lampiran, serta perihal surat.
- . Bahasa dan format yang dipakai juga bergaya formal dan baku.
Surat dapat
diklasifikasikan berdasarkan tujuan, yaitu:
1.
Surat perintah, berisi
instruksi yang jelas dan mengikat agar pihak menerima menjalankan sesuai yang
tertera pada surat.
2.
Surat peringatan,
bertujuan untuk memperingati pihak penerima akibat adanya kesalahan yang
dilakukan.
3.
Surat keputusan, berisi
keputusan atau kebijakan yang disusun oleh lembaga tertentu berdasarkan
pertimbangan matang.
4.
Surat penawaran, umumnya
berkaitan dengan surat niaga dengan tujuan untuk menawarkan suatu barang dan
jasa.
Dilihat dari bentuknya,
surat dibagi menjadi lima jenis:
1.
Kartu pos, merupakan
surat berbentuk seperti kartu yang menggunakan kertas lebih tebal dengan
dimensi 10×15 cm.
2. Warkat pos, umumnya
menggunakan kertas cetak kemudian dilipat hingga menyerupai bentuk amplop
3. Surat bersampul,
merupakan satu bendel surat yang terdiri dari beberapa lembar kertas dan
dikirim di dalam amplop untuk menjaga surat tetap aman.
4.
Memorandum adalah salah
satu jenis surat resmi yang dipakai dalam internal suatu instansi maupun antar
beberapa instansi terkait.
5. Meski tidak terlihat
seperti surat pada umumnya, namun fungsi dan tujuannya yang serupa dengan surat
lainnya. Dengan menggunakan telegram, maka pesan singkat dapat disampaikan
dengan jarak yang jauh namun waktunya tetap singkat.
Jenis-jenis surat
berdasarkan jumlah penerimanya terbagi menjadi dua:
1.
Surat biasa. Surat ini
dikirim ke satu orang penerima, baik itu atas nama pribadi maupun instansi
2.
Surat edaran. Surat ini
dikirim atau diedarkan untuk dibaca oleh banyak orang dalam satu institusi,
lintas lembaga, atau bahkan dari satu instansi kepada masyarakat luas. Umumnya
berisi pemberitahuan yang sifatnya tidak rahasia dan berurusan dengan kebijakan
organisasi.
Ada dua jenis surat
apabila dilihat dari jangkauannya:
1.
Surat internal, berasal
dari suatu instansi dan dialamatkan ke individu, seluruh staff, atau departemen
lain yang masih berada di dalam instansi yang sama.
2.
Surat eksternal, berasal
dari suatu instansi dan ditujukan ke pihak luar.
Macam-Macam Surat
Bila ditinjau dari sudut
pandang isu, bentuk, dan penggunaan bahasa, surat dapat dibedakan menjadi:
1. Surat Pribadi
Sama dengan poin
sebelumnya, surat pribadi digunakan untuk tujuan pribadi tanpa ada banyak
aturan baku yang mengikat. Semua dapat disesuaikan dengan keadaan pengirim dan
penerima. Serta, antara satu dengan surat lainnya dapat berbeda pula.
2. Surat Dinas
Salah satu jenis surat
resmi lainnya yang digunakan dalam ranah kepentingan pekerjaan yang sifatnya
formal disebut surat dinas. Anda dapat dengan mudah menemukannya ketika bekerja
untuk suatu instansi tertentu dan diberi tugas untuk perjalanan dinas ke suatu
tempat.
Berbeda dengan jenis
surat lain, penggunaan surat dinas lebih banyak mengacu pada tingkatan tata
kelola administrasi saja. Surat ini menjadi dokumen sah yang melandasi
pekerjaan seseorang, sebagai arsip apabila dibutuhkan di kemudian hari, serta
instruksi resmi dari atasan ke bawahan.
CONTOH SURAT PRIBADI UNTUK GURU
Jakarta, 24 April 2018
Yth. Ibu
Suhartiningsih
di SMA Negeri Sakti
Lampung
Assalamualaikum wr.wb.,
Apa kabar Ibu Tini, masih ingatkah dengan saya??? Saya yakin
pasti ibu tak dapat melupakan saya. Bagaimana tidak, saya selalu menyusahkan
ibu di sekolah, berurusan dengan Ibu Eko, guru BK. Namun, ibu senantiasa dengan
sabar menangani masalah saya, ibu memang wali kelas terbaik sepanjang masa.
Ibu, saya ingin berterima kasih, atas ilmu, bimbingan, serta
ajaran yang ibu berikan kepada saya dan juga teman – teman. Jikalau tidak, saya
mungkin tak akan berada di titik ini. Saya ingat betul ketika saya mencurahkan
masalah ekonomi yang terjadi pada keluarga saya dan ibu memberikan adanya
informasi bantuan pemerintah untuk anak- anak kurang mampu.
Saya mengikuti saran Ibu untuk mengirimkan aplikasi, dan
alhamdulillah saya lolos dan masuk dalam daftar anak penerima bantuan. Saya
sangat senang, sehingga pada saat SMA beban biaya orang tua saya menjadi
berkurang. kemudian ketika akan masuk perkuliahan, Ibu melihat saya tidak ikut
mendaftar jalur yang diberikan universitas untuk sekolah.
Saya menjelaskan kepada ibu harapan saya, di satu sisi saya
sangat ingin melanjutkan study, di sisi yang lain perekonomian keluarga tidak
mendukung. Sehingga pada saat itu, dengan bantuan guru BK pula Ibu memberitahu
saya bahwa ada jalur khusus bagi anak- anak kurang mampu untuk melanjutkan
study ke perguruan tinggi.
Mungkin ini cukup ini
saja yang saya ingin saya ucapkan melalui surat, selanjutnya insya Allah kita
atur pertemuan ya, Bu. Terimakasih Ibu Tini.
Assalamualaikum wr.wb.
Salam hormat dari
muridmu,
Sabrina Hartini
PENUGASAN
Buatlah surat yang ditujukan kepada
Bapak Presiden atau Menteri Kesehatan
RI atau Dinas Kesehatan untuk segera menangani virus corona agar kamu bisa bersekolah kembali.
Sebagai bahan referensi, kalian boleh mencari di internet.
Kerjakan di selembar kertas,
simpan, dan kumpulkan saat berangkat sekolah. Tugas ini sebagai penilaian
portofolio.
boleh di ketik
BalasHapus